Penyebab Sakit Punggung

Penyebab Sakit Punggung - Penyebab sakit punggung umumnya terjadi dikarenakan adanya bagian tulang punggung yang terkilir atau bisa juga tegang. Sakit pada area punggung memang sesuatu yang tidak kita inginkan, nyeri pada punggung yang terasa hebat dapat mempengaruhi berbagai aktivitas kita sehari hari, semua kegiatan yang kita lakukan jadi serba salah bahkan untuk duduk pun rasanya akan terasa sakit hingga ke bagian panggul.


Bahkan untuk menunduk sekali pun kadang bakalan terasa seperti tertarik pada bagian otot hamstring dan yang lebih parah lagi ketika kita ingin menundukkan kepala sekali pun itu rasanya pasti sakit sekujur tubuh. Mengapa hal semacam ini bisa terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Beberapa hal yang dapat memicu sakit punggung seperti

  1. Posisi tubuh yang salah ketika mengangkat, membawa, menekan, atau menarik sebuah barang.
  2. Peregangan tubuh yang terlalu berlebihan.
  3. Posisi duduk yang salah.
  4. Berkendara dalam waktu terlalu lama, atau dalam posisi membungkuk terus menerus.
  5. Gerakan yang dilakukan terus-menerus.
  6. Stress atau depresi.
Loh kq stress juga termasuk ya? Ketika Anda banyak pikiran dan berujung stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol berlebih. Ini bisa bikin tubuh menjadi lebih sensitif terhadap nyeri, memicu proses peradangan, dan menyebabkan terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas yang ada di dalam tubuh inilah yang dapat merusak sel-sel otot, sehingga hampir semua otot-otot pada tubuh merasakan nyeri dan khususnya pada otot tulang belakang.

Untuk cara mengatasinya kita harus terlebih dahulu mengetahui sebabnya karena bisa jadi solusi untuk satu sebab dan yang lainnya berbeda. Beberapa sebab bisa diselesaikan dengan cara memijat/ mengurut bagian yang sakit seperti ketika nyeri yang disebabkan karena mengangkat beban, posisi duduk yang salah, berkendara, gerakan yang terus menerus. 

Sedangkan untuk mengatasi stress atau depresi harus dengan beristirahat yang cukup dan lepaskan semua beban pikiran yang menganggu. Bisa juga liburan dan mencoba hal hal baru agar tidak terjebak dengan stress karena rutinitas sehari-hari. 


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel